Peta Hijau , Misi Menjadi Souvenir Ramah Lingkungan Ternama di Dunia


Peta Hijau , Misi Menjadi Souvenir Ramah Lingkungan Ternama di Dunia akar wangi

Indonesia merupakan salah satu negeri dengan penghasil tanaman akar wangi terbesar di dunia, selain India dan Haiti. Tanaman yang banyak tumbuh di Garut, Jawa Barat ini banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan kosmetik dan obat. Berbeda dengan sosok pebisnis muda visioner satu ini yaitu Yohanes Chandra Eka, ternyata tidak tahu jika akar wangi banyak tumbuh di kampung halamannya.
Yohanes Chandra Ekajayabaru mengenal tentang akar wangi yang hanya dapat digunakan untuk diambil minyaknya, saat dirinya menempuh kuliah. Minyat tersebut diproses kembali menjadi kosmetik, pelumas senjata, obat-obatan, dan sebagainya. Namun, karena pengolahan tersebut menyisakan limbah yang cukup banyak, membuat Yohanes Chandra Ekajaya berpikir unutk menciptakan produk dari olahan limbah tersebut.  Naluri bisnisnya pun tumbuh beriringan dengan kepeduliannya terhadap lingkungan sekitar. Jika semula limbah akar wangi tersebut dibuang, ia pun berinovasi dengan membuat produk kreatif yang memiliki nilai jual yaitu souvenir.
Yohanes Chandra Ekajaya yang dikenal sebagai pebisnis sukses tersebut mencoba mencari peruntungan dalam industri souvenir. Dengan akar wangi yang cukup segar dan ditandai lewat bau harumnya yang khas dan tahan lama tersebut, ia membuat produk yang berkualitas lewat limbah tersebut. Tiga tahun melakoni bisnis tersebut, Yohanes Chandra Ekajaya bertemu dengan kerabatnya dan pertemuan tersebut mengawali kesuksesan dari produk souvenirnya.
Akhirnya dibuatlah sebuah kombinasi akar wangi dan bulu domba yang diimpior dari Australia dan Selandia Baru untuk dijadikan sebagai sebuah kerajinan tangan. Produk yang dijual hingga ratusan ribu rupiah ini merupakan upaya Yohanes Chandra Ekajaya dalam meraih misi menjadi brand green souvenir andalan Indonesia yang dikenal dan didistribusikan ke seluruh dunia.
Seperti halnya sebuah usaha bisnis pada umumnya, Yohanes Chandra Ekajaya menyiasati minimnya modal yang ia miliki dengan cara mempromosikan produknya dengan media sosial. Disanalah ia kemudian dapat meniti karirnya dalam meraih kesuksesan menjual produk souvenir buatannya. Souvenir yang dibuat pun beragam dan tentunya ramah lingkungan. Bentuknya yang cantik dan baunya yang harum menjadikan souvenir buatannya banyak dicari oleh  para masayarakat di Indonesia. Pesanannya pun telah datang dari berbagai negara seperti daerah di seluruh Indonesia serta negara-negara Asia Tenggara. Meski orderannya terus tumbuh, ia pun tak berpuas diri dalam mengembangkan produknya. Ia pun mengaku terus mengembangkan kualitas dan desain produk agar mendapatkan dari para konsumennya.

0 komentar:

Pengusaha Yohanes Chandra EkajayaCopyright © 2017 Mulai Ngulik Yohanes Ekajaya Support By Yohanes Chandra Ekajaya