Resep Lumpia Udang Keju Yohanes Chandra Ekajaya


Apabila sesekali kita singah di Semarang kurang lengkap rasanya kalau kita tidak mencicipi kelezatan lumpia udang keju yang cukup terkenal sampai ke pelosok negri. Yohanes Chandra Ekajaya mengungkapkan hasil pengalaman berwisata di Semarang memberikan satu ide untuk menulis sebuah artikel tentang bagaimana membuat lumpia udang keju yang tak kalah rasanya dari tempat asal lumpia udang keju.

Yohanes Chandra Ekajaya

Yohanes Chandra Ekajaya pun memulai experimen membuat lumpia udang keju sendiri, dan hasilnya pun tak kalah nikmatnya dengan yang dia rasakan sewaktu berkunjung ke Semarang. Berikut ini beberapa bahan-bahan yang dibutuhkan beserta langkah-langkahnya  dalam membuat lumpia udang keju.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat lumpia udang keju:
·      10 lembar kulit lumpia  yang sudah jadi
·      100 gram udang dicincang halus
·      100 gram keju parut
·      2 sendok makna mentega
·      1 sendok makan saus tiram
·      2 siung bawang putih dicincang halus
·      1 batang daun bawang dicincang halus
·      1 buah wortel potong kotak kecil-kecil
·      25 gram tauge
·      1 sendok teh garam
·      1/2 liter minyak goreng

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat saus lumpia udang keju:
·      4 buah cabai merah diiris halus
·      4 buah cabai rawit diiris halus
·      3 siung bawang putih dimemarkan
·      5 sendok makan saus cabai
·      1 sendok makan kecap ikan
·      1 sendok makan gula pasir
·      1 sendok teh garam
·      150 cc air

Langkah-langkah membuat lumpia udang keju:
1.     pertama kali kita buat sausnya terlebih dahulu dengan merebus cabai merah,cabai rawit, bawang putih, saus cabai, kecap manis, gula dan garam yang sudah kita haluskan kedalam 150 cc air hingga mengental.
2.     Campurkan semua bahan-bahan yang ada dengan menteega aduk hingga merata kemudian masak dengan api kecil hingga matang angkat lalu tiriskan.
3.     Masukkan adonan yang sudah jadi kedalam kulit lumpia dengan takaran selera masing-masing kemudian gulung dan lipat ujung lumpia.
4.     Panaskan minyak goreng dengan api sedang kemudian masukkan lumpia yang sudah kita racik goreng hingga berwarna kecoklatan angkat lalu tiriskan.
5.     Dalam keadaan hangat taburi dengan parutan keju beserta saus yang sudah kita buat, lumpia sudah siap untuk disajikan.
Demikian langkah-langkah Yohanes Chandra Ekajaya dalam membuat lumpia udang keju yang enak dan lezat. Semoga tulisan ini dapat menjadi refrensi hidangan teman minum kopi maupun minum teh disore hari dan dapat juga dijadikan salah satu komposisi snack dalam acara keluarga (komposisi bahan disesuaikan dengan jumlah orang yang akan mengkonsumsinya).

0 komentar:

Pengusaha Yohanes Chandra EkajayaCopyright © 2017 Mulai Ngulik Yohanes Ekajaya Support By Yohanes Chandra Ekajaya