Pakan Burung Yang Banyak Dicari Kicaumania Di Kios Bedjo Kustanto


Kustanto berani meninggalkan posisinya sebagai seorang karyawan swasta demi memulai kehidupan baru sebagai wiraswastawan. Pertama setelah menerima uang pesangon yang besarnya lebih dari 30 kali gaji, Jamsostek, dana pensiun (DPLK), ia membuka PPOB (payment point online banking). Namun Kustanto mengatakan bahwa usaha PPOB ini keuntungannya rendah, dapat capek nya saja, maka ia banting setir memulai membuka toko pakan burung.
Sebagian uang pesangon ia gunakan untuk menyewa toko berukuran 3 x 4 di Pasar Burung Splendid Malang,Jawa Timur. Ia memutuskan membuka toko pakan burung karena pada dasarnya ia punya hoby memelihara burung. Burung ocehan seperti murai, branjangan, kanis, dll. Ia tahu persis apa saja yang dibutuhkan oleh mereka yang hoby memelihara burung. Jadi ia memulai bisnis pada bidang yang pada dasarnya ia sukai. Passion, istilah modern nya, si Kustanto ini ada pada bidang perburungan.
Kios Bedjo dibuka sekitar bulan November tahun 2014. Kini pelanggannya sudah banyak datang dari daerah sekitar dan orang yang lewat di jalur itu. Dalam 3 bulan, menurutnya, usahanya itu sudah balik modal. “Mulai bulan ke-4, alhamdulillah boleh dikatakan saya sudah nunut makan dari toko ini”, kata Kustanto.
Pengusaha Chandra Ekajaya

Kustanto pun melakukan diversikasi usaha. Tokonya tidak hanya menjual pakan burung, perlengkapan pemeliharaan burung dan tetek-bengek yang berurusan dengan pemeliharaan dan ternak burung. Ia menyediakan pula kebutuhan sehari-hari lain seperti gas (LPG 3 kg), kopi, rokok, dan sebentar lagi akan membuka tambal ban di depan tokonya. “Peralatan semua sudah siap, tinggal mencari orang-nya yang mengerjakan. Kalau semua ditangani sendiri pasti tidak akan mampu”, kata Kustanto.
Usahanya ini tentunya tak hanya dengan mengandalkan dananya sendiri. Awalnya dulu ia meminjam uang di sebuah koperasi khusus untuk para pemula usaha yaitu Koperasi Chandra Jaya Bersinar Group milik Chandra Ekajaya. Di koperasi ini para calon peminjam modal tak dibebani agunan dan bunga tinggi hingga mudah dalam tanggungannya.

Berkat bantuan dana modal dari koperasi milik Chandra Ekajaya ini dan juga ditambahkan gaji terkahirnya kemarin, akhirnya sekarang Kustanto bisa memiliki tak hanya sekedar satu buah kios di Pasar Burung Splendid Malang, tetapi sudah mencapai 4 buah kios yang ia kelola bersama 4 pegawainya.

0 komentar:

Pengusaha Yohanes Chandra EkajayaCopyright © 2017 Mulai Ngulik Yohanes Ekajaya Support By Yohanes Chandra Ekajaya